Finger Board

Sejarah Fingerboards pertama kali dibuat sebagai homemade mainan di tahun 1970-an dan kemudian menjadi baru dilampirkan kunci rantai di toko-toko skate. Tahun 1985 sebuah film dokumenter skateboard “Powell Peralta – Future Primitive” menampilkan footage fingerboard yang sedang dimainkan di wastafel. Fingerboard tsb dibuat dari karton, pengaduk kopi, dan ban hot wheels. Video ini diyakini sebagai video fingerboard pertama yang dilihat publik secara luas.

Lance Mountain membantu mengembangkan fingerboarding sebagai hobi pada akhir 1970-an dan menulis sebuah artikel tentang bagaimana membuat fingerboards di Transworld ‘s Skateboarding Magazine pada tahun 1985.

Fingerboard sudah menjadi bagian dari industri skateboard di tahun 1980an, yang tujuannya dipasarkan sebagai gantungan kunci. Tapi fingerboard-fingerboard tsb sulit untuk di mainkan. Maka munculah “Tech Deck” yang mengembangkan fingerboard sehingga dapat dimainkan.

Tahun 1990an Tech Deck mendapat lisensi untuk memproduksi Grafik asli dari desain skateboard terkenal.
Sekitar tahun 1990an juga lah Martin Ehrenberger, pemilik Black River Ramps, mulai memproduksi wood fingerboard. dan hingga sekarang berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Ukuran sebuah fingerboard adalah memiliki panjang 9,6cm dan dapat memiliki berbagai macam lebar seperti 2,6cm (biasa), 2,8cm (lebar), dan 2,9cm keatas (ekstra lebar).

Kebanyakan trick-trick yang dilakukan pada sebuah fingerboard adalah sama dengan trick-trick yang dilakukan di skateboard, fingerboard juga dikompetisikan layaknya skateboard. Untuk menunjang permainan fingerboard maka dibuat “fingerpark” semacam miniatur skatepark yang dibuat untuk bermain fingerboard.


// //

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s