Tadabur Q.S ALI-IMRAN 190-191

TADABUR Q.S ALI-IMRAN 190-191

Artinya :

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan lanjut dan bumi (seraya berkata), “Ya Robb kami, tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka dipeliharalah kami dari siksa neraka.” (QS.3:190-191)

  1.  I.        MEMAHAMI ESENSI QS. ALI IMRAN AYAT 191

Dalam ayat 191, diterangkan karakteristik Ulil Albab, yaitu selalu melakukan aktivitas dzikir dan fikir sebagai metode memahami alam, baik yang ghaib maupun yang nyata.

Perbedaan dzikir dan fakir:

  • Dzikir yaitu mengingat allah dengan potensi yang didapat dari kita dengan menggunakan hati.
  • fikir menggunakan akal atau pikiran.

a)    DZIKIR

*Definisi

Dzikir, secara bahasa berasal dari kata dzakara , tadzakkara, yang artinya menyebut, menjaga, mengingat-ingat. Secara istilah dzikir artinya tidak pernah melepaskan Allah dari ingatannya ketika beraktifitas. Baik ketika duduk, berdiri, maupun berbaring. Ketiga hal itu mewakili aktifitas manusia dalam hidupnya. Jadi, dzikir merupakan aktivitas yang harus selalu dilakukan dalam kehidupan. Dzikir dapat dilkukan dengan hati, lisan, maupun perbuatan.

*Klasifikasi Dzikir

Dzikir dengan hati artinya kalbu manusia harus selalu bertaubat kepada Allah, disebabkan adanya cinta, takut, dan harap kepada-Nya yang berhimpun di hati (Qolbudz Dzakir). Dari sini tumbuh keimanan yang kokoh, kuat dan mengakar di hati. Dzikir dengan lisan berarti menyebut nama Allah dengan lisan. Misalnya saat mendapatkan nikmat mengucapkan hamdalah. Ketika memulai suatu pekerjaan mengucapkan basmalah. Ketika takjub mengucapkan tasbih. Dzikir dengan perbuatan berarti memfungsikan seluruh anggota badan dalam kegiatan yang sesuai dengan aturan Allah.

*Mengapa Harus Berzikir?

Berikut juga disampaikan beberapa alasan yang diperkuat oleh Al-Qur’an dan Hadits tentang manfaat zikir.

  1. Tidak berzikir akan mengakibatkan seseorang jadi orang yang rugi.

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” [QS Al Munaafiquun 63:9]

  1. Allah mengingat orang yang mengingat-Nya.

“Karena itu, ingatlah Aku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” [Al Baqarah:152]

  1. Dengan berzikir hati menjadi tenteram.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” [QS 13:28]

*Bagaimana praktek zikir itu sebenarnya?

Di antara zikir yang utama adalah Laa ilaaha illallahu (Tidak ada Tuhan selain Allah)

“Aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: ‘Zikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah” [HR Tirmidzi]

Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya aku berkata bahwa kalimat : ‘Subhanallah, wal hamdulillah, wa Laa Ilaaha Illallah, wallahu akbar’ (Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan Allah Maha Besar) itu lebih kusukai daripada apa yang dibawa oleh matahari terbit.’ (HR Bukhari dan Muslim).

Zikir yang umum setelah sholat wajib 5 waktu adalah tasbih (“Subhanallahu”) 33x, tahmid (“Alhamdulillah”) 33x, dan takbir (“Allahu akbar”) 33x.

b)    FIKIR

Definisi

Fikir, secara bahasa adalah fakara, tafakkara yang artinya memikirkan, mengingatkan, teringat. Dalam hal ini berpikir berarti memikirkan proses kejadian alam semesta dan berbagai fenomena yang ada di dalamnya sehingga mendapatkan manfaat daripadanya dan teringat atau mengingatkan kita kepada sang Pencipta alam, Allah SWT.

Dengan fikir manusia akan memahami secara jelas petunjuk ilahiyah yang tersirat maupun yang tersurat dalam al-Qur’an maupun as-sunnah sebagai minhajul hayah (pedoman hidup).

Dengan fikir pula , manusia mampu menggali berbagai potensi yang terhampar dan terkandung pada alam semesta. Aktivitas dzikir dan fikir tersebut harus dilakukan secara seimbang dan sinergis (saling berkaitan dan mengisi). Sebab jika hanya melakukan aktivitas fikir, hidup manusia akan tenggelam dalam kesesatan. Jika hanya melakukan aktivitas dzikir, manusia akan terjerumus dalam hidup jumud (tidak berkembang, statis). Sedangkan, jika melakukan aktivitas dzikir dan fikir tetapi masing-masing terpisah, dikhawatirkan manusia akan menjadi sekuler.

  1. KESIMPULAN

Bagi Ulil Albab, kedua aktivitas itu akan berakhir pada beberapa kesimpulan:

®    Allah dengan segala kebesaran dan keagungan-Nya adalah pencipta alam semesta termasuk  manusia.

®    Tiada yang sia-sia dalam penciptaan alam. Semua mengandung nilai-nilai dan manfaat.

®    Mensucikan Allah dengan bertasbih dan bertahmid memuji-Nya.

®    Menumbuhkan ketundukan dan rasa takut kepada Allah dan hari Akhir.

Dari ayat diatas juga, memberikan pengertian:

Allah memberi akal, fungsinya untuk mengenal dan mengingat Allah.

Allah menciptakan ciptaannya. Sebagai sarana berfikir manusia akan Allah.

  1. HIKMAH

®    Langit sebagai naungan kita.

®    Hanya Allah yang tahu berapa lapis langit itu. Manusia tidak akan mengetahuinya.

®    Allah mengatur pergantian siang dan malam.

®    Allah melakukannya supaya seimbang bumi ini dan manusia dapat bekerja pada siang hari dan beristirahat pada malam hari.

Kesimpulan dari dzikir dan fikir:

1. Allah menciptakan alam semesta

2. Semua yang Allah cipatakan ada manfaatnya.

3. Mensucikan Allah dengan dzikir (tasbih, tahmid, dan takbir).

4. Menumbuhkan rasa takut dan kepatuhan kepada Allah akan hari kiamat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s