pengertian access point dan fungsinya

A. Pengertian Access Point

Apa sih Access Point????

Nah,  Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point juga bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Selain itu Access Point sering disebut juga base station.

Ada juga, Access Point secara sederhana adalah hub bagi jaringan wireless baik itu di ruangan, maupun di jaringan dalam kota. Untuk jaringan dalam kota, Access Pointini biasanya di tempatnya di ISP berada pada tower dengan ketinggian 20 meter atau lebih.

Sebuah Access Point pada dasarnya bukan merupakan router tapi merupakan bridge dari sebuah jaringan LAN, oleh karena itu client wireless sebetulnya dapat secara transparent berkomunikasi dengan client yang berada di jaringan LAN.

 

B. FUNGSI ACCESS POINT (AP)

Fungsi Access Point adalah sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau juga dikirim melalui gelombang radio, biasanya ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas pula jangkauannya.

Selain itu, Fungsi utama ACSESS POINT adalah menyediakan akses jaringan wifi, baik itu sebagai AP, AP-Client, Repeater, dan lain-lain. apakah itu bisa terdeteksi? Jawabannya : Bisa ya, bisa juga tidak,

Ya, kalau antena AP yang anda beli bagus alias untuk outdoor, sedangkan AP rata2 menggunakan antena indoor. jadi anda tidak perlu membeli mahal-mahal AP hanya untuk menangkap sinyal. Tapi gunakan wifi device yang anda miliki. Banyak tutorial yg menjelaskan bagaimana membuat penguat sinyal untuk wifi device USB. Antena ada beberapa macam, ada antena kaleng, wajan bolic, dan lain sebagainya. Silahkan anda coba, tentu saja sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Saat ini AP telah berfungsi dengan baik dan benar, selanjutnya ada keinginan untuk menyiapkan sebuah komputer untuk dijadikan sebuah server yang akan menyediakan fungsi untuk:

1. Pengelolaan user
2. Pengelolaan akses
3. Proxy dan Firewall
4. Pengelolaan authentifikasi
5. Mencatat log/history akses
6. Menyediakan fitur billing

 

 

Access Point dengan fungsi ganda?

Apakah memungkinkan untuk set Access Point dengan 2 fungsi:

1. WLAN, akan digunakan oleh karyawan kantor / para boss biss, yang pakai laptop, tinggal join SSID (contoh: PT-ABC-local), lalu memasukkan WPA key untuk bisa dapat masuk ke network & dapat IP Address dari DHCP server.
2. Hotspot (dari MikroTik), untuk para tamu / klien yang berkunjung ke kantor, sehingga bisa dapat akses Internet, dengan cara join SSID (contoh: PT-ABC-public), hmm.. baiknya di proteksi juga dengan WPA atau tidak? kemudian dari web browser harus masukkan username & password, IP nya dapat IP network berbeda dari network local, tujuannya agar dipisahkan saja supaya tidak bisa ngotak-atik network local. Kalau memungkinkan dengan AP MikroTik.

 

C. Serangan Pada Access Point

Ternyata ada juga serangan pada Access Point?? Langkah pertama adalah masuk ke dalam Hotspot, Access Point (AP) target, untuk pencarian AP bisa anda gunakan NetStumbler (untuk mencari SSID AP dsb) ato AirDamp (packet capture). Catatlah nama AP, IP Address, network ID, Gateway (jika ada), dan Prefered DNS Server (jika ada) dari status. Carilah konfigurasi yang paling lengkap, asumsinya AP yang terhubung ke Network Target adalah AP yang memiliki konfigurasi Gateway (walaupun tidak mutlak).

Jika ternyata AP di enkripsi terpaksa pake Airsnort, Airdamp, WinArkrack dan sebagainya. Atau cari tutorialnya di google.Setelah masuk kedalam AP, cobalah gunakan PING untuk mencoba akses ke Gateway (jika IP Gateway nya ada), jika Reply, berarti Router menuju jaringan target sudah ditemukan.

Untuk menemukan subnet target cobalah Anda lihat tabel routingnya dengan perintah netstat–r. Periksa pada kolom Network Destination, jika Anda menemukan adanya subnet lain selain 0.0.0.0 atau 127.0.0.1 pada table routing, itulah subnet Target.

Atau gunakan cara lainnya. Cobalah gunakan PING untuk mencoba akses ke DNS Server (jika IP DNS Server nya ada). Jika ternyata Reply, yakinlah bahwa IP DNS tersebut berada pada Network Target. Selamat Anda sudah menemukan network targetnya.

Atau periksa tabel cache ARP dengan perintah arp –a, siapa tahu terdapat IP , dengan asumsi bahwa target menggunakan network monitorJtarget (Fortigate dsb). Kalau tidak bias cari saja pakai IP scanner seperti AngryIPScanner, lihat IP di dalam AP yang tidak mati.

Jika Anda sudah mendapatkan network target, segeralah Anda gunakan Look@Lan atau tools semacam lainnya untuk melihat network target.

Gunakan NMAP untuk mengamati port aktif pada IP Target yang anda curigai sebagai Server target. Periksa Banner setiap servicenya, jika Anda jeli atau sedang beruntung maka Anda akan mendapatkan bug (coba bandingkan dengan informasi exploit dari milw0rm / metasploit).

Biasanya Server Target memiliki Port yang banyak (relatif lho, bisa jadi Cuma sekedar  jebakan pakai port listener atau Honeypot.  Hati-hati kejebak juga)

Setelah anda mendapat bug, gunakan metasploit untuk mencoba-coba bug pada server target. Coba kombinasikan dengan kode milw0rm dan exploit server target. Selamat mencoba…

Catatan : Tidak semua WiFi bisa dipakai buat crack… cuma chipsetnya yg pakai atheros, PRism2, & Realtek atau beli voucher buat hotspotan)

KESIMPULAN

Jadi Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point juga bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Selain itu Access Point sering disebut juga base station.

Selain itu, Access Point memiliki fungsi yaitu  sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau juga dikirim melalui gelombang radio, biasanya ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas pula jangkauannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s